Panduan

1. Membaca karya yang ditayangkan

Siapapun yang mengunjungi situs ini dapat membaca seluruh karya yang telah ditayangkan.

Karya-karya dikelompokkan dalam beberapa kategori sebagai berikut:

  1. Opini (dibagi dalam beberapa kategori)
  2. Non-Fiksi (dibagi dalam beberapa kategori)
  3. Cerita Keagamaan (dibagi dalam beberapa kategori untuk masing-masing agama)
  4. Cerpen
  5. Cerbung & Novel
  6. Seri
  7. Puisi & Sajak

Halaman beranda situs ini menampilkan karya-karya terbaru dari berbagai kategori, dengan urutan karya terbaru ditampilkan paling atas (gambar 1).

Gambar 1 — Beranda menampilkan karya-karya terbaru

 

Kamu juga bisa melihat-lihat karya-karya yang berada dalam satu kategori tertentu dengan memilih kategori tersebut pada menu utama (gambar 2), atau memilih dari kotak informasi jumlah karya per kategori, yang ditampilkan pada bagian kanan setiap halaman (gambar 3).

Gambar 2 — Menu ‘Kategori’

 

Gambar 3 — Kotak informasi jumlah karya per kategori

 

Kamu juga bisa memilih dari kotak informasi ‘Karya Terpopuler Minggu Ini’ (gambar 4), atau kotak informasi ‘Karya Lainnya’, yang menampilkan beberapa karya secara acak (gambar 5).

Gambar 4 — Kotak informasi ‘Karya Terpopuler Minggu Ini’

 

Gambar 5 — Kotak informasi ‘Karya Lainnya’

 

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas pencarian dengan memasukkan nama penulis, judul, dan sebagainya (gambar 6).

Gambar 6 — Kotak fasilitas pencarian

 

2. Menulis komentar

Untuk menulis komentar pada sebuah karya yang ditayangkan, kamu harus menjadi anggota layanan ini.

 

3. Pendaftaran menjadi anggota

Pada saat pertama kali mendaftar di situs ini, kamu mendapat keanggotaan pada tingkat ‘Kontributor’. Sebagai Kontributor, kamu bisa menulis dan menyimpan karyamu sebagai draf (tidak ditayangkan). Jika kamu ingin karyamu ditayangkan, karyamu akan terlebih dulu melalui tahap persetujuan oleh Admin. Jika disetujui, maka karyamu akan langsung tayang. Jika tidak disetujui, maka karyamu akan menjadi draf.

Setelah kamu memiliki 3 (tiga) karya yang ditayangkan, keanggotaanmu dapat ditingkatkan menjadi ‘Penulis’. Sebagai Penulis, kamu dapat langsung menayangkan karyamu tanpa melalui tahap persetujuan Admin.

Untuk mendaftar menjadi anggota, pilih menu ‘Masuk/Daftar’, maka akan ditampilkan layar untuk masuk ke layanan ini. Pada bagian bawah, terdapat tautan ‘Daftar’ yang bisa kamu klik untuk melakukan pendaftaran, atau kamu juga bisa menggunakan akun Facebook atau Google untuk mendaftar dan masuk ke layanan ini (gambar 7).

Gambar 7 — Tautan untuk pendaftaran

 

4. Informasi akun

Setelah kamu terdaftar dan masuk, maka kamu akan melihat menu khusus untuk anggota (gambar 8).

Gambar 8 — Menu khusus anggota

 

Selama kamu masuk dalam layanan, pada menu utama akan ditampilkan menu untuk informasi akunmu dengan gambar profil serta namamu (sesuai data pada saat pendaftaran). Jika kamu memilih menu ini, maka akan tampil layar ‘Karyaku’ (gambar 9).

Gambar 9 — Layar ‘Karyaku’

 

Layar ‘Karyaku’ nantinya akan menampilkan daftar semua karya yang telah kamu simpan atau tayangkan.

Di samping layar ‘Karyaku’, terdapat layar ‘Profilku’, yang dapat kamu gunakan untuk memperbarui profil dan kata sandi akunmu (gambar 10).

Gambar 10 — Layar ‘Profilku’

 

5. Menulis karya

Menu ‘Tulis’ digunakan untuk menulis karyamu. Jika kamu memilih menu ini, maka akan tampil layar ‘Tulis’ (gambar 11).

Gambar 11 — Layar Tulis

 

Isi judul karyamu, pilih kategori yang paling sesuai, dan mulailah menulis pada bagian ‘Isi’.

Kamu dapat menyisipkan gambar di dalam isi karyamu. Klik pada tombol ‘Sisipkan Gambar’, lalu pilih sebuah gambar yang kamu punya. Pada saat gambar sedang diunggah ke server kami, akan tampil sebuah baris kemajuan (gambar 12).

Gambar 12 — Tanda pada saat gambar sisipan sedang diunggah

 

Setelah proses pengunggahan selesai, maka gambar yang telah kamu pilih akan disisipkan di dalam isi tulisanmu (gambar 13).

Gambar 13 — Gambar disisipkan dalam isi tulisan setelah pengunggahan selesai

 

Kamu juga dapat menambahkan gambar utama untuk karyamu. Gambar utama bisa sama atau berbeda dari gambar yang telah disisipkan dalam isi tulisanmu. Klik pada tombol ‘Pilih Gambar’, lalu pilih sebuah gambar yang kamu punya. Pada saat gambar sedang diunggah ke server kami, akan tampil sebuah baris kemajuan (gambar 14).

Gambar 14 — Tanda pada saat gambar utama sedang diunggah

 

Setelah proses pengunggahan selesai, maka gambar yang telah kamu pilih akan ditampilkan (gambar 15).

Gambar 15 — Gambar utama ditampilkan setelah pengunggahan selesai

 

Kamu juga bisa memberikan tag (kata-kata kunci) untuk karyamu. Untuk tag, kamu bisa menggunakan judul karyamu, atau namamu, atau kata-kata yang mewakili pokok isi karyamu. Pisahkan setiap tag dengan koma. Gambar 16 menampilkan contoh tag untuk sebuah karya.

Gambar 16 — Contoh tag

 

Sangat disarankan agar kamu sering-sering menggunakan penyimpanan sebagai draf, demi menghindari kehilangan materi yang telah kamu tulis jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada perangkatmu atau koneksi dengan server kami terputus. Untuk menyimpan sebagai draf, klik tombol ‘Simpan Draf’. Pada saat prose penyimpanan, akan ditampilkan tanda berupa lingkaran kecil di sebelah kanan tombol ‘Simpan Draf’ (gambar 17).

Gambar 17 — Tamda pada saat proses penyimpanan draf

 

Setelah proses penyimpanan selesai, kamu bisa melanjutkan mengerjakan karyamu. Kamu juga bisa membuka layar ‘Karyaku’ untuk memastikan bahwa karyamu telah tersimpan (gambar 18).

Gambar 18 — Layar ‘Karyaku’ menampilkan karya yang tersimpan

 

6. Menyunting karya yang telah disimpan

Kamu bisa menyunting setiap karya yang telah kamu simpan di layanan ini. Untuk menyunting, dari layar ‘Karyaku’ (gambar 18), klik ‘Sunting’. Maka akan ditampilkan layar ‘Sunting’, yang sama dengan layar ‘Tulis’ tetapi telah berisi sesuai data yang tersimpan. Selanjutnya kamu bisa melakukan perubahan atau penambahan seperlunya.

 

7. Menayangkan karya

Untuk menayangkan karyamu, pada layar ‘Tulis’ atau ‘Sunting’ klik tombol ‘Tayangkan’. Kemudian tunggu sebentar, dan setelah proses selesai, kamu akan langsung dipindahkan ke layar ‘Karyaku’. Kamu bisa melihat status karyamu.

Jika kamu masih berada pada keanggotaan sebagai Kontributor, maka karyamu tidak akan langsung ditayangkan, melainkan harus melalui tahap persetujuan oleh Admin, sehingga status karyamu adalah ‘Dalam Proses’ (gambar 19). Sedangkan jika kamu sudah mendapat keanggotaan sebagai Penulis, maka karyamu akan langsung ditayangkan, dan status karyamu adalah ‘Telah Tayang’ (gambar 20).

Gambar 19 — Karya dengan status ‘Dalam Proses’

 

Gambar 20 — Karya dengan status ‘Telah Tayang’

 

8. Menghentikan penayangan karya

Karyamu yang sudah ditayangkan bisa kamu hentikan penayangannya dengan mengubah statusnya menjadi draf. Untuk melakukannya, masuklah ke layar ‘Karyaku’, kemudian klik ‘Sunting’ pada karya yang ingin kamu ubah statusnya menjadi draf.

Setelah ditampilkan layar ‘Sunting’, maka kamu tinggal klik tombol ‘Simpan Draf’ untuk mengubah status karya tersebut menjadi draf, dan menghentikan penayangannya.

 

9. Menghapus karya

PERHATIAN: KARYA YANG SUDAH DIHAPUS TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN!

Jika kamu ingin menghapus karyamu, baik yang statusnya ‘Draf’, ‘Dalam Proses’, maupun ‘Telah Tayang’, kamu bisa melakukannya dari layar ‘Karyaku’. Klik ‘Hapus’ pada karya yang ingin kamu hapus, kemudian tampil konfirmasi penghapusan (gambar 21).

Gambar 21 — Konfirmasi penghapusan karya

 

Jika kamu yakin ingin menghapus, klik ‘OK’, kemudian tunggu sebentar. Setelah proses selesai, akan ditampilkan keterangan bahwa karya tersebut telah dihapus (gambar 22).

Gambar 22 — Keterangan bahwa penghapusan telah dilakukan

 

Pembaruan terakhir: 20 Oktober 2019