Syarat & Ketentuan Layanan

1. Definisi

  1. Layanan” adalah segala fasilitas yang disediakan oleh situs web yang beralamat di https://gemarnulis.com¬†untuk diakses oleh publik melalui internet.
  2. Aturan” adalah seluruh isi syarat dan ketentuan layanan sebagaimana tercantum dalam halaman ini dan seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  3. Admin” adalah pengelola Layanan yang bertanggung jawab atas segala aspek teknis dan pengoperasian Layanan.
  4. Pengunjung” adalah setiap orang yang mengunjungi Layanan ini tetapi tidak terdaftar ataupun memiliki akun dalam Layanan ini.
  5. Anggota” adalah setiap orang yang telah terdaftar dan memiliki akun untuk menggunakan Layanan ini.
  6. Karya” adalah tulisan yang dibuat, disimpan dan ditayangkan oleh Anggota, yang bisa dibaca oleh Anggota lainnya maupun Pengunjung.
  7. Kontributor” adalah Anggota biasa yang untuk menayangkan karyanya harus melalui tahap persetujuan oleh Admin.
  8. Penulis” adalah Anggota yang telah ditingkatkan kewenangannya oleh Admin sehingga bisa langsung menayangkan karyanya tanpa perlu melalui tahap persetujuan oleh Admin.

 

2. Keanggotaan layanan

  1. Setiap orang dapat mendaftar sebagai anggota layanan ini secara gratis.
  2. Akun untuk keanggotaan dalam layanan ini tidak memiliki masa berlaku.
  3. Keanggotaan terdiri dari 2 (dua) tingkat yaitu:
    1. Kontributor, yang dapat membuat dan menyimpan Karya. Jika Karya yang sudah dibuat atau disimpan tersebut ingin ditayangkan, maka Karya tersebut akan melalui tahap persetujuan oleh Admin.
    2. Penulis, yang dapat membuat, menyimpan serta langsung menayangkan Karya tanpa harus melalui tahap persetujuan oleh Admin.
  4. Pada saat pertama kali mendaftar, Anggota akan berada pada tingkat Kontributor.
  5. Untuk dapat ditingkatkan keanggotaannya menjadi Penulis, seorang Kontributor harus sudah memiliki sedikitnya 3 (tiga) Karya yang telah ditayangkan.
  6. Setiap Anggota dilarang membuat akun lain dengan tujuan apapun dalam layanan ini menggunakan alamat email atau akun media sosial yang berbeda .
  7. Setiap Anggota bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasian sandi akunnya, dan dilarang memberikan dengan sengaja akses akunnya kepada orang lain untuk kepentingan apapun.
  8. Admin akan meninjau keanggotaan seseorang yang telah melanggar Aturan. Dalam rangka peninjauan tersebut, Admin berwenang mengubah keanggotaan Anggota dengan menurunkan tingkatnya atau menghentikan keanggotaan yang bersangkutan.

 

3. Karya

  1. Tidak ada batasan jumlah Karya yang disimpan dan/atau ditayangkan dalam Layanan ini untuk setiap Anggota.
  2. Anggota bertanggung jawab penuh atas isi Karya yang dibuatnya dan ditayangkan dalam Layanan ini.
  3. Anggota wajib memastikan bahwa Karya yang ditayangkannya tidak mengandung hal-hal yang:
    • dapat menyinggung atau merugikan pihak mana pun, dan/atau
    • dapat mendorong pembaca untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan dirinya maupun orang lain, dan/atau
    • dapat mendorong pembaca untuk melakukan kekerasan kepada orang lain, dan/atau
    • dapat mendorong pembaca untuk melakukan tindakan melanggar hukum, dan/atau
    • mengarah pada pornografi atau pelecehan seksual, dan/atau
    • mengarah pada penistaan agama, suku, ras, atau golongan masyarakat tertentu, dan/atau
    • mengarah pada pelanggaran atas norma-norma sosial di masyarakat pada umumnya
  4. Admin berwenang untuk tanpa pemberitahuan menghentikan penayangan Karya jika Layanan ini menerima pengaduan dari pihak lain yang berkeberatan atas penayangan Karya tersebut.

 

4. Hak cipta

  1. Hak cipta atas Karya yang seutuhnya merupakan ciptaan Anggota adalah sepenuhnya milik Anggota tersebut dan tidak dibatasi oleh jangka waktu penayangan Karya tersebut dalam Layanan ini.
  2. Anggota wajib menyebutkan secara jelas dalam Karyanya jika Karya tersebut:
    • secara sengaja berkaitan dalam bentuk apa pun dengan karya atau ide orang lain, dan/atau
    • mencantumkan gambar atau cuplikan yang merupakan karya orang lain.
  3. Anggota wajib melakukan perubahan atau penghapusan atas Karya yang sudah ditayangkannya dalam Layanan ini jika di kemudian hari Anggota menemukan bahwa Karyanya mengandung unsur-unsur yang berkaitan dengan karya orang lain yang dilindungi oleh hak cipta, kecuali jika Anggota mendapat ijin dari pemegang hak cipta dan telah menambahkan keterangan mengenai ijin tersebut dalam Karyanya yang ditayangkan.

 

5. Komersialisasi

  1. Anggota berhak melakukan komersialisasi atas Karyanya yang disimpan ataupun telah ditayangkan dalam Layanan ini, tanpa diwajibkan untuk melibatkan pengelola Layanan ini.
  2. Jika setelah Anggota menayangkan Karyanya dalam Layanan ini kemudian Anggota melakukan komersialisasi atas Karya tersebut, Anggota berhak untuk kemudian mencantumkan dalam Karyanya informasi apa pun yang berkaitan dengan aspek komersial tersebut, dan tidak diwajibkan untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apa pun kepada pengelola Layanan ini.
  3. Anggota berhak menghentikan penayangan Karyanya yang telah dikomersialkan.
  4. Layanan ini tidak akan melakukan komersialisasi atas Karya yang disimpan ataupun ditayangkan dalam Layanan ini, kecuali dalam hal monetisasi situs dengan cara antara lain:
    • Menayangkan iklan dari pihak ketiga pada bagian-bagian situs termasuk halaman yang menayangkan Karya dari Anggota, dan/atau
    • Menerima pembayaran sesuai kesepakatan dengan Anggota untuk meletakkan penayangan Karyanya secara utuh maupun sebagian pada posisi tertentu dalam situs ini ataupun melalui media lain yang dijalankan oleh Layanan ini.

 

6. Pengaduan

Pihak-pihak yang berkeberatan atas penayangan sebuah Karya dalam Layanan ini dapat mengajukan pengaduan melalui halaman Hubungi Kami atau melalui email ke contact@gemarnulis.com, dengan menyertakan keterangan selengkapnya mengenai Karya yang dimaksud dan informasi yang mendukung keberatan tersebut.

 

7. Pembaruan syarat dan ketentuan layanan

GemarNulis.com dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap syarat dan ketentuan layanan ini. Kami menyarankan agar setiap Anggota membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini, maka Anggota dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam syarat dan ketentuan layanan.

 

Pembaruan terakhir: 19 Oktober 2019